WASPADA TERHADAP PENIPUAN INVESTASI BODONG

HATI -HATI DAN WASPADA TERHADAP PENIPUAN INVESTASI BODONG

Memiliki investasi jelas merupakan sebuah cara terbaik untuk menambah dana yang ditanamkan sehingga bisa berkembang dan menjadi berlipat meskipun membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hanya saja maraknya penipuan saat ini dengan kedok investasi semakin marak dan bisa membuat dana Anda ludes tak berjejak. Untuk itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari investasi bodong (penipuan investasi) sehingga bisa terhindar dari penipuan dan memilih dengan benar perusahaan lembaga keuangan yang memang terbukti dan terpercaya.


waspada investasi bodong



Seringkali banyak orang yang tergiur dengan janji-janji dari pihak yang mengaku sebagai agen investasi. Namun tak sedikit yang akhirnya harus kecewa dan marah karena dana yang disetorkan justru harus menghilang dan raib tanpa bisa kembali. Meskipun penipu bisa tertangkap, namun belum tentu jika dana Anda yang hilang bisa kembali. Tentunya hal ini akan membuat Anda mengalami kerugian yang besar dan juga tak terelakkan. Tak hanya ratusan ribu atau pun jutaan, namun investasi bodong ini juga bisa membuat Anda merugi hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Bukan hanya penipu yang bersalah dalam kejadian ini namun kurangnya pengetahuan Anda mengenai seluk beluk investasi juga menjadi kendala. Apalagi kejadian seperti ini sering terjadi di Indonesia dan seolah penipu tak jera untuk melakukannya.

Oleh sebab itu, Andalah yang harus mengetahui ciri-ciri dari investasi bodong atau investasi yang palsu sebagai berikut:

1. Badan hukum yang menaunginya tak jelas
Dalam melakukan investasi, Anda harus benar-benar meneliti terlebih dahulu secara rinci mengenai perusahaan lembaga keuangan tersebut. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyelidiki badan izin yang menaungi perusahaan itu. Sebuah lembaga keuangan haruslah memiliki badan hukum resmi dari pemerintah sekaligus mempunyai izin usaha yang lengkap untuk beredar di Indonesia sekaligus memberikan pelayanan mengenai keuangan dan investasi. Jika dari segi perijinan saja sudah memiliki masalah, maka sebaiknya Anda menarik diri dan memilih investasi lainnya meskipun perusahaan terkait memberikan penawaran yang menggiurkan untuk Anda. Izin usaha yang dimaksud disini bukanlah SIUP karena SIUP tidak dikeluarkan untuk sebuah perusahaan yang menghimpun dana dari masyarakat ataupun melakukan pengelolaan dana investasi. SIUP hanya untuk mereka yang bergerak di bidang perdagangan atau produksi. Cari tahu ijin resminya melalui situs OJK, Bapepam, dan BI yang menaungi lembaga keuangan.

2.Jenis investasinya sangat aman
Seringkali para penipu yang berkedok investasi memberikan jaminan sangat tinggi pada para pelanggannya. Caranya adalah menawarkan hasil return yang tinggi bahkan mereka bisa memastikannya dengan prosentase hasil return. Selain itu mereka juga akan menjelaskan bila produk investasi yang ditawarkan telah mendapatkan jaminan dari pemerintah. Namun intinya disini adalah investasi bodong akan menawarkan hasil yang tidak rasional sama sekali bahkan tergolong fantastis demi mendapatkan keuntungan besar. Jika Anda menemukan perusahaan yang mecurigakan seperti ini, maka ada baiknya untuk menghubungi dengan segera OJK atau Otoritas jasa keuangan.

3. Hasil yang ditawarkan sangat menggiurkan
Investasi bodong seringkali hanya menawarkan keuntungan yang membuat Anda benar-benar tertarik untuk mengikutinya sekaligus bersemangat untuk menanamkan modal dalam bentuk instrumen investasi tersebut. Bahkan mereka mengatakan jika keuntungan yang diperoleh tiap bulan nominalnya pasti dan tak berubah padahal perlu diketahui jika perolehan nilai investasi selalu mengalami perubahan karena beberapa faktor termasuk juga dengan perubahan tingkat suku bunga sehingga tidak ada nilai investasi yang tetap. Selain itu, mereka juga akan menawarkan penarikan dana dengan mudah dimana para investor bisa menarik dana kapanpun dan dimanapun. Tentunya hal ini tidak benar karena peroses investasi memiliki jangka waktu tertentu meskipun instrumen investasinya jangka pendek. Satu-satunya yang bisa diambil dengan mudah adalah tabungan.

Semoga dengan mengetahui ciri-ciri investasi bodong, maka Anda bisa memilih lembaga keuangan yang tepat untuk menanamkan modal Anda demi keuntungan di masa depan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TULISKAN.com

0 komentar:

Posting Komentar

KOMUNITAS PEDULI MASA DEPAN

KOMUNITAS PEDULI MASA DEPAN
AMANKAN GAJI ANDA BERSAMA GAIN PROTECTION

AYO SEGERA BERGABUNG

KLIK DISINI u/segera mendaftarkan diri Anda, jangan sampai ketinggalan.
Diberdayakan oleh Blogger.