Home » » 10 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN DIUSIA 17 TAHUN

10 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN DIUSIA 17 TAHUN

Written By Andrew BS on Sabtu, 08 Agustus 2020 | 13.24


Usia tujuh belas selalu digadang-gadang sebagai ukuran kedewasaan. Padahal, usia ini kita malah lagi galau-galaunya memikirkan soal mau jadi apa di masa depan nanti. Maklumlah, saat kita masih menganggap diri kita ini masih anak-anak, tapi bilangan usia justru berkata sebaliknya. jadi, apa saja kah yang harus kita siapkan untuk menyambut masa dewasa kita yang on going ini?


1. Pikirkan dengan serius soal gadget-mu

Apa yang ada dalam smarphone mu? Apa cuma notifikasi dari puluan grup WA dan ribuan foto selfie yang mayoritas editan?
Mulai sekarang, kamu harus mulai berpikir bahwa gadget adalah kanvas, alat musik, televisi, papan reklame dan perusahaan penerbitan. Dengan keyboardnya, kamu adalah seorang jurnalis dan novelis. Dengan kameranya, kamu adalah seorang fotografer. Gadget adalah bakat dan ruang pameranmu. 
GUNAKAN SECARA BIJAKSANA. 
Suatu hari nanti kamu akan berkesempatan jalan-jalan ke negeri orang dan ber transaksi dengan perusahaan asing. Saat itulah kamu akan sadar pentingnya bahasa Inggris.

2. Belajarlah Bahasa Inggris dengan serius.

Suatu hari nanti kamu akan berkesempatan jalan-jalan ke negeri orang dan ber transaksi dengan perusahaan asing. Saat itulah kamu akan sadar pentingnya bahasa Inggris.

3. Rencanakan kuliahmu dari sekarang.

SMA tinggal dua tahun lagi, harus mulai mempertimbangkan jurusan yang akan dipilih nanti. Sesuaikan dengan minat kamu, bukan minat orang lain. 
Bicarakan baik-baik dengan orang tuamu bila ternyata minat kamu tidak sesuai dengan harapan mereka. Di era global dan terbuka sekarang, pekerjaan bukan hanya menjadi PNS. Bahkan hanya bermodal laptop dan gratisan Wifipun kamu bisa menjadi designer iklan perusahaan-perusahaan Internasional.

4. Hati-hati dengan apa yang kamu baca dan tulis.

Memasuki usia 17 tahun, kamu sudah harus bertanggung jawab atas semua tindakan kamu. Apa yang kamu baca, kamu sendiri yang akan memetik manfaatnya. Apa yang kamu tulis, kamu sendiri juga yang akan menuai hasilnya.
Jadi, berhati-hatilah jangan sampai melanggar hukum dan jadilah bermanfaat.

5. Buat SIM (Surat Ijin Mengemudi)

Mungkin dalam beberapa tahun ke depan, transportasi massal bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan kamu tidak perlu lagi mengendarai kendaraan pribadi. Tapi, sambil menunggu masa itu datang, mari berkendara dengan tertib dan aman.

6. Mulai gaya hidup sehat

Saat  kamu lulus SMA dan mulai kuliah, mungkin kamu akan tinggal jauh dari orang tua. Percayalah, saat itu gaya hidup sehat semakin sulit dijalankan. Jadi mumpung masih SMA, biasakanlah bangun pagi, olahraga dan makan makanan sehat. Ketika yang sehat sudah menjadi kebiasaan kamu akan lebih mudah menerapkannya ketika kuliah jauh dari orang tua.

7. Jangan terlalu cepat pacaran.

Kamu akan mulai sibuk, harus mulai bisa membagi waktu untuk sekolah, hobby dan side job. Kalau kamu berfikir untuk memulai hubungan yang serius dari sekarang, pertimbangkan juga kamu mungkin akan merantau jauh untuk mencapai mimpimu. Juga masih ada waktu yang panjang untuk kamu bertemu banyak orang baru termasuk cowok dan cewek muda nan cantik, tampan dan cerdas. Ingat ya, setiap hubungan mensyaratkan konsekuensi.
 

8. Stop menghakimi orang.

Setiap orang bisa berubah baik sifat, fisik maupun strata sosialnya. Stop judging people they are good or bad. Yang hari ini teman, suatu saat bisa jadi lawan. Yang hari ini lawan, suatu saat bisa jadi besan. Lho. Yang paling penting, kamu tetap baik di mata orang lain. Setiap orang punya perbedaan, dan tidak sama denganmu bukan berarti tidak baik. 

9. Bongkar pagar yang membatasi pertemananmu.

Mulailah untuk berteman dengan semua orang. Orang-orang yang kelihatannya sulit digapai, geng anak-anak populer di sekolah yang eksklusif, anak-anak kutu buku yang susah diajak bercanda, mereka adalah sumber inspirasi. Ketika kamu mulai mengenal mereka, kamu akan bisa mengambil inspirasi dari mereka. orang bisa berubah baik sifat, fisik maupun strata sosialnya. Stop judging people they are good or bad. Yang hari ini teman, suatu saat bisa jadi lawan. Yang hari ini lawan, suatu saat bisa jadi besan. Lho. Yang paling penting, kamu tetap baik di mata orang lain. Setiap orang punya perbedaan, dan tidak sama denganmu bukan berarti tidak baik. 

10. Buat hobbymu menjadi uang.

Ayo ikut kompetisi.... Jual hasil kerajinanmu dan mulai tawarkan jasa designmu. 
Make your hobbies as prifttable as possible.

Jadi... Apakah sudah siap menjadi dewasa?


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu FEED BACK nya ya....

Diberdayakan oleh Blogger.

KOMUNITAS PEDULI MASA DEPAN

KOMUNITAS PEDULI MASA DEPAN
AMANKAN GAJI ANDA BERSAMA GAIN PROTECTION

AYO SEGERA BERGABUNG

KLIK DISINI u/segera mendaftarkan diri Anda, jangan sampai ketinggalan.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. 3i-Networks - All Rights Reserved
Responsive by Mas Yadi Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger