Home » » MEMPERSIAPKAN KEUANGAN DI MASA DEPAN BAGI ANAK MILENIAL

MEMPERSIAPKAN KEUANGAN DI MASA DEPAN BAGI ANAK MILENIAL

Written By Andrew BS on Sabtu, 08 Agustus 2020 | 12.54

Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan.

Wahai anak millenial... Keuangan adalah salah satu pondasi terpenting saat "merangkak" ke kehidupan di masa mendatang.
Meskipun kamu baru akan pensiun 30 tahun lagi, bahkan belum pernah memikirkan rencana pensiun sama sekali, tak ada salahnya mempersiapkan dana pensiun mulai dari sekarang.
Ada banyak hal yang perlu kamu wujudkan dalam mempersiapkan keuangan untuk berbagai kebutuhan di masa mendatang seiring berjalannya waktu.
Agar bisa terwujud dengan baik, cobalah berbagai tips keuangan untuk anak millenial seperti kamu sebagai berikut :

8 TIPS KEUANGAN UNTUK ANAK MILLENIAL DEMI MEMPERSIAPKAN KEUANGAN DI MASA DEPAN.

1. HEMAT.
Ketika anak millenial mendapatkan pekerjaan pertamanya, seringkali ia tergoda untuk membelanjakan gajinya karena mungkin merasa masih belum memiliki tanggunan, sehingga seluruh uang yang dia punya hanya untuk dirinya sendiri.
Meskipun tidak sepenuhnya salah, cobalah menahan godaan untuk membelanjakan uang yang didapat tanpa berhemat.  Usahakan selalu berhemat apapun kondisinya.

Anda mempunya waktu seumur hidup untuk mempersiapkan keuangan, tapi bila tidak berhemat mulai dari sekarang, waktu yang kamu miliki mungkin tidak mampu menyelamatkan keuangan kamu nanti.


2. SEBISA MUNGKIN HINDARI HUTANG.

Saat kamu mulai mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan, kamu mungkin akan  tergoda untuk memiliki kartu kredit. Keperluanmu pun mungkin akan terus bertambah seiring waktu dan untuk memenuhinya kamu akan gesek kartu kredit.
Kartu kredit merupakan sumber hutang yang dianggap sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan.
Ketagihan menggunakan kartu kredit bisa sangat berbahaya pada kondisi finansialmu, walaupun bentuknya sederhana, usahakanlah untuk menghindari hutang. Jangan kebablasan dan  menjadi kebiasaan. 





3. MEMPERSIAPKAN BIAYA PERNIKAHAN.
Biaya pernikahan bukan sesuatu yang bisa disepelekan. Seiring berjalannya waktu, keperpesta pern




Kartu kredit merupakan sumber hutang yang dianggap sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan.
Ketagihan menggunakan kartu kredit bisa sangat berbahaya pada kondisi finansialmu, walaupun bentuknya sederhana, usahakanlah untuk menghindari hutang. Jangan kebablasan dan  menjadi kebiasaan.  Pernikahan tidak bisa disepelekan begitu saja. Seiring berjalannya waktu, keperluan pesta pern


3. MEMPERSIAPKAN BIAYA PERNIKAHAN
Biaya pernikahan bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan. Seiring berjalannya waktu, keperluan pesta pernikahan akan semakin meninggi. Oleh karena itu, Anda harus merencanakan biaya pernikahan sedini mungkin.
4. MEMPERSIAPKAN BIAYA PENDIDIKAN ANAK
Setelah menyusun rencana untuk memenuhi biaya pernikahan, sekarang saatnya Anda merencanakan biaya pendidikan anak kelak.
Nilai uang akan menyusut, jadi keperluan pendidikan anak pun akan semakin mahal. Persiapkan dari sekarang.
5. MEMPERSIAPKAN DANA PENSIUN
Sama seperti biaya pernikahan dan pendidikan anak, dana pensiun juga wajib Anda persiapkan sedini mungkin. Di masa pensiun orang-orang cenderung sudah tidak lagi produktif, dan tidak mungkin pula Anda bekerja seumur hidup.
Karena setelah pensiun Anda kemungkinan sumber pendapatan Anda mulai menyusut, maka persiapkan dana investasi dari sekarang agar Anda bisa menikmati masa tua dengan tenang.
6. MULAI BERINVESTASI
Bagi anak millennial, berinvestasi sedini mungkin akan memperbesar peluangnya untuk memaksimalkan keuntungan investasi.
Hal ini disebabkan dengan adanya efek compounding atau bunga bergulung, di mana setiap bunga keuntungan yang didapat bila diinvestasikan kembali akan menghasilkan bunga lagi, terus begitu hingga keuntungannya berlipat ganda.
Bila Anda rutin berinvestasi sedini mungkin, efek compounding bisa menjadi kekuatan Anda. Coba simulasikan menggunakan kalkulator di bawah ini:
Dengan berinvestasi, Anda juga berpeluang untuk mempersiapkan keuangan di masa depan sekaligus mewujudkan berbagai rencana keuangan yang sebelumnya sudah Anda susun. Jadi tunggu apalagi? Berinvestasilah sedini mungkin.

7. Rencanakan, Review, dan Wujudkan Tujuan Keuangan


Biasakan untuk membuat rencana keuangan yang matang, apapun tujuan di baliknya. Setelah menyusun rencana keuangan dengan matang, coba review kembali, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan maupun apa yang Anda terapkan untuk mewujudkannya?
Rutinlah merencanakan keuangan, meninjaunya kembali, dan upayakan untuk mewujudkan tujuan keuanngan yang telah Anda susun. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan keuangan di masa depan dengan lebih baik lagi.
8. MENCAPAI FINANCIAL FREEDOM
Tips keuangan untuk anak millennial yang terakhir dalam daftar ini adalah dengan berupaya untuk mencapai financial freedom. Kebebasan secara finansial berarti Anda tidak perlu lagi bekerja ekstra keras untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.
Anda tidak terbelenggu utang dan mampu memanfaatkan aset yang Anda miliki untuk menghasilkan pendapatan bagi Anda.
Nah, itulah 8 tips keuangan untuk anak millennial yang bisa kamu manfaatkan untuk mempersiapkan keuangan di masa depan bila kamu menerapkannya dengan bijak.
Jangan lupa bahwa investasi selalu menjadi hal yang lebih penting  dalam jangka panjang ketimbang sekedar menabung, jadi jangan melewatkan investasi sebagai bagian dari kegiatan Anda untuk mempersiapkan keuangan di masa depan.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu FEED BACK nya ya....

Diberdayakan oleh Blogger.

KOMUNITAS PEDULI MASA DEPAN

KOMUNITAS PEDULI MASA DEPAN
AMANKAN GAJI ANDA BERSAMA GAIN PROTECTION

AYO SEGERA BERGABUNG

KLIK DISINI u/segera mendaftarkan diri Anda, jangan sampai ketinggalan.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. 3i-Networks - All Rights Reserved
Responsive by Mas Yadi Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger